Keadilan Sosial

Keadilan menjadi syarat mutlak dalam hubungan antar manusia, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Justice pada dasarnya merupakan domain dari ilmu filsafat. Justice pada dasarnya adalah good dan well (definisi klasik). Keadilan adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, baik menyangkut benda atau orang. Masyarakat adalah kumpulan individu yang di satu sisi menginginkan bersatu karena adanya ikatan untuk memenuhi kumpulan individu, tetapi disisi yang lain masing-masing individu memiliki pembawaan serta hak yang berbeda yang semua itu tidak dapat dilebur dalam kehidupan sosial.
Adapun definisi politis dari justice dibagi dua yaitu recognition dan existence. Recognition lebih mengarah kepada identitas, recognition ini dipakai oleh Barat khususnya Amerika dalam membangun dasar tatanegaranya dan berpengaruh pada sistem pemerintahannya yang lebih mengarah pada sistem liberal. Kemudian existence mengedepankan benefit fullfilment, mengendepankan hak-hak kelompok daripada individu (kolektif right), hal ini diusung oleh China yang dikenal menggunakan idiologi sosialis komunis.
Menurut Jhon Rawls keadilan adalah fairness (Justice as Fairness). Ide fundamentalnya bukan klaim bahwa kontrak merupakan satu-satunya alternatif dalam membangun struktur masyarakat dan pemerintahan yang menjamin keadilan bagi segenap warganya, tetapi yang ingin dicapainya adalah konsensus mengenai prinsip-prinsip keadilan yang memberi jaminan keadilan bagi semua pihak. Cara pandang inilah yang disebut keadilan sebagai fairness.
Justice itu mengandung dua hal yaitu equity dan equality. Justice merupakan sebuah proses untuk mencapai equality, yaitu untuk mendapatkan kesempatan yang sama yaitu akses, partisipasi dan kontrol. Ketiga kesempatan ini adalah ukuran keadilan bagi agen-agen terkait, dalam hal ini yaitu; ras, etnis, agama, ekonomi, gender dan diffabelitas.
Titik tolak pembicaraan tentang keadilan adalah memberikan kepada setiap orang apa yang menjadi haknya. Protes atas ketidakadilan terjadi karena orang merasa diabaikan hak-haknya. Orang senantiasa menuntut apa yang menjadi haknya. Kalau seseorang mendapatkan sesuatu sesuai dengan haknya orang merasa diperlakukan secara adil. Sebaliknya orang merasa diperlakukan dengan tidak adil kalau hak-haknya disabotase dan diperlakukan secara sewenang-wenang.
Pengabaian terhadap rasa keadilan masyarakat menjadi kenyataan lumrah dalam iklim kompetisi ekonomi dan politik negara dewasa ini. Kelompok masyarakat yang paling dikorbankan adalah kelompok yang kurang beruntung dan kaum marginal. Mereka dikorbankan karena mereka tidak memiliki akses terhadap kekuasaan dan tidak mempunyai kekuatan untuk membentengi diri dan hak mereka dari penjajahan dan penjarahan penguasa yang haus harta dan tahta. Hak-hak mereka banyak diabaikan dan suara mereka tidak didengarkan. Kebutuhan dan kepentingan mereka sering tidak terakomodasi dan tidak dijamin oleh para pembuat kebijakan. Pengabaian terhadap hak-hak masyarakat kecil merupakan suatu bentuk ketidakadilan karena mereka tidak mendapatkan hak-hak mereka .
Keadilan senantiasa menjadi persoalan dalam kehidupan bersama. Ia dipersoalkan karena berhubungan erat dengan hak dan kewajiban yang harus dimiliki oleh setiap orang. Orang akan secara spontan memprotes kalau hak-haknya dipangkas dan memperoleh sesuatu yang tidak sesuai dengan apa yang seharusnya ia dapat. Sebaliknya, orang merasa diperlakukan secara adil kalau ia menerima sesuai dengan haknya.
Setiap orang memiliki kehormatan yang berdasar pada keadilan, sehingga seluruh komponen dalam masyarakat sekalipun tidak bisa membatalkannya. Atas dasar ini, keadilan menolak jika lenyapnya kebebasan bagi sejumlah orang dapat dibenarkan oleh hal yang lebih besar yang didapatkan orang lain. Ketika suatu pemerintahan mengabaikan hak-hak kaum minoritas demi kesejahteraan sosial, ini berarti tidak menghormati martabat manusia tersebut dan konsekuensinya adalah merusak gagasan justice dan Eequality.
wallahu a'lam bisshowab

posted under |

0 komentar:

Posting Komentar

jangan lupa tinggalkan komentar ya...trims

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Popular Posts

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

    Translate


Recent Comments