Senyum


Senyuman adalah gambaran dari isi hati seseorang, yang menggerakkan perasaan dan memancar pada wajah seperti sebuah cahaya, seakan berbicara dan memanggil sehingga hati yang melihatnya akan tertarik. Itulah dahsyatnya sebuah senyuman! Tentu sangat berbeda dengan wajah yang selalu cemberut, masam dan jarang senyum. Rasulullah bersabda “senyummu dihadapan saudaramu adalah sedekah”, hadist tersebut menandakan bahwa ada seulas senyuman yang merupakan amalah ringan tapi sangat bernilai pahalanya di sisi Allah.
Subhanallah, dengan sebuah senyuman saja, akan membentuk kita sebagai pribadi yang menyenangkan. Tentu kita semua ingin seperti itu kan? Tanpa mau di cap sebagai orang yang menyebalkan, kaku dan judes. Namun sayangnya, kita masih jarang tersenyum bila bertemu dengan saudara kita. “Meski engkau hanya menjumpai saudaramu dengan wajah berseri” (hadits), begitu pelitnya!
Biasanya orang yang suka berwajah muram durja, tidak akan bisa melihat keindahan dunia, karena memang selalu ia isi dengan keseriusan, kekakuan, wajah dengan kerutan di dahi yang memancarkan ketidak bahagianya dalam menjalani hidup. Padahal hidup ini indah, lo? Lalu kenapa harus dihiasi dengan wajah kita yang sedih nan layu? Pernahkah kita berpikir tentang apa yang seharusnya dilakukan untuk menyenangkan orang lain dengan senyuman terindah kita?.
Budaya senyum memang berlaku di mana-mana. Namun dalam pelaksanaannya tidak semua orang mampu melakukannya dengan secara tulus dan penuh makna. Karena senyuman yang tulus ikhlas tidak sama dengan yang hanya numpang lewat tak bermakna, dibuat-buat, sebagai alat untuk memikat, topeng agar terlihat akrab dan hormat atau yang lainnya. Senyuman itu tak ada harganya lagi bila hati kita tidak ada sebuah ketulusan sama sekali. Kita mungkin bisa saja terpesona dengan sebuah senyuman yang manis, indah nan menggoda hati tapi di balik itu semua ternyata hatinya penuh dengan kebencian yang tersembunyi. Na’uzubillah deh!

Mari kita hiasi hidup ini dengan senyuman, berusahalah untuk selalu tersenyum bahagia, hilangkan rasa sedih di hatimu dan jadilah pribadi yang murah senyum mulai dari sekarang! Ok??! ^_^

IMMawati Eka Sukmawati
Kabid Sosek PC IMM Bima

posted under |

0 komentar:

Posting Komentar

jangan lupa tinggalkan komentar ya...trims

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Popular Posts

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

    Translate


Recent Comments